Senin, 10 Desember 2012

Maze Gundu

 
Untuk melatih motorik anak, kita bikin permainan maze terbuat dari tutup kardus bekas, gundu dan kertas bekas yang kita gulung direkatkan dengan solatip. berikut ada videonya
   

Minggu, 09 Desember 2012

Butterfly Fabric Wallet


Butterfly Fabric Wallet
@ Rp. 30.000,-
sms only at 08882576010 

Kastengel Roti Tawar


Jaman sekarang untuk cari makanan untuk bekal sekolah anak agak susah karena jajanan sekarang banyak yang mengandung bahan pengawet pewarna kimia dan bahan lain yang berbahaya untuk anak. Makanya sekarang sebisa mungkin aku bikin sendiri bekal sekolah untuk anak. 
Salah satunya kastengel dari roti tawar, teksturnya kering dan renyah anak-anak pasti suka. Dan kalau mau anak kita bisa diajak terlibat untuk ikut memasaknya.  

Berikut bahan-bahannya :


Cara bikinnya :
  1.  Olesi terlebih dahulu pinggan dengan margarin
  2. Panaskan oven
  3. Potong-potong roti tawar kotak persegi panjang 
  4. Olesi bagian atas roti tawar dengan margarin lalu olesi lagi dengan bahan olesan, keju parut, gula pasir dan selai.
  5. Panggang dalam oven selama kurang lebih 10 menit tergantung ovennya, atau sebelum diangkat bisa dicek dulu menggunakan garpu roti sudah kering atau belum.

Senin, 05 November 2012

Manisan Mangga

Bulan Oktober - November adalah musim buah mangga, khususnya di daerah Semarang.
Kebetulan kemarin habis dikasih mangga sama tetangga, tapi pas dibuka ternyata mangganya masih muda semua dan rasanya kecut atau masam sekali.
Daripada kebuang sayang kepikiran untuk dibikin manisan mangga.
Berikut cara bikinnya :

Resep ini untuk 2 bh mangga yang agak besar yang masih muda alias mentah.
 Pertama tama Kupas mangga lalu kita serut dengan menggunakan serutan atau kalau tidak punya juga bisa langsung diris pakai pisau, tapi motongnya agak tipis tipis saja jangan terlalu tebal.
Remas-remas irisan mangga dengan satu sendok garam sampai agak lemas tidak kaku dan tidak keras, penggunaan garam disini adalah untuk menghilangkan getah dan mengurangi rasa masamnya.
Cuci bersih mangga untuk menghilangkan rasa asin dari garamnya, pastikan rasa asinnya tidak tertinggal pada mangga.
Masak Air sebanyak 1 liter.
Sembari menunggu airnya mendidih remas remas mangga yang sudah dibersihkan tadi dengan gula pasir sebanyak 1 ons, kalau suka manis bisa ditambahi lagi menurut selera.
Setelah Airnya mendidih angkat lalu cepat - cepat masukkan mangga yang sudah diremasi gula.
 Aduk aduk sampai gula larut.
Tutup lalu diamkan sampai agak dingin.
Agar lebih nikmat masukkan kedalam lemari es.
Manisan mangga ini rasanya Manis agak Asam Segar pokoknya, sangat enak jika dimakan pas panas panas di siang hari.
Maaf jika hasil akhirnya tidak bisa ke foto, soalnya kemarin rencananya pulang kerja mau aku foto ternyata setelah aku buka lemari es manisannya sudah gak ada, sudah habis dimakan anakku, ibuku dan tetanggaku. Wuenak katanya...

Senin, 22 Oktober 2012

Belajar membaca dan menulis

Karena anakku sekarang sudah TK A (TK kecil) dan sudah mulai belajar membaca dan menulis, aku dapat ide untuk membuat worksheet sendiri yang bisa diprint. Aku mencari gambarnya di google gambar lalu aku copy paste di microcsoft word dan untuk belajar menulisnya aku menggunakan tulisan font dotted. Kalau tidak punya bisa cari freedownload font dot di google. Kalau tidak bisa download hubungi saya lewat email.


Trimakasih sudah mampir di blog aku, SEMOGA BERMANFAAT...

Rabu, 10 Oktober 2012

Dompet Ipad


 Yeii akhirnya punya ipad walaupun merk biasa aja sih tapi lumayan bisa untuk browsing dan yang paling penting bisa buat main game education buat anak. Dan biar ipad nggak lecet, bunda bisa bikin sendiri dompetnya. 
Berikut Tutorialnya :

Bahan yang kita butuhkan Kain 2 lembar dipotong sesuai ukuran ipad dengan bentuk sesuai gambar diatas
Velcro untuk perekat tutup dompet
dan untuk bahan pelapis agar lebih tebal pakai busa pelapis 1 lembar.

Balik kedua kain pada bagian buruk lalu Jahit sekelilingnya, sisakan sedikit lubang untuk tempat membalikkan kain.
Gunting seperti gambar diatas pada bagian lengkung agar hasil lengkungannya saat dibalik lebih bagus dan lebih smooth...
Gunting ujung ujung kain seperti gambar agar saat dibalik pojok bagian sikunya kelihatan lebih lancip dan rapi.

 Balik kain melalui lubang lalu masukkan busa pelapis.
Jahit velcro untuk perekat bagian tutup.
Tekuk kain seperti gambar lalu jahit lagi sekelilingnya.   

Jumat, 28 September 2012

Repurposing : Mengubah celana panjang menjadi celana pendek anak


Kemarin sewaktu bongkar-bongkar lemari, lihat Ada celana panjang suamiku yang sudah kekecilan dan gak pernah dipakai lagi. Jadi kepikiran untuk buatin celana pendek untuk anakku. 


Bagian yang akan kita gunakan adalah bagian bawah celana. Ambil celana pendek anak yang akan kita gunakan untuk mal/cetakan. Gunting sekitar 2 inch diatas celana pendek.
  


Gunting melengkung seperti gambar dengan jarak 1/2 inch dari tepi celana untuk kampuh jahitan.

 
Balik salah satu potongan celana lalu Tumpuk/masukkan bagian potongan celana yang satu kedalam potongan celana yang lain lalu jahit pada garis lengkung.


Tekuk bagian atas celana lebar 1,5 inch lalu jahit sisakan sekitar 3 inch untuk lubang memasukkan karet.



Masukkan karet lalu jahit ujungnya




  Tutup lubang yang tadi digunakan untuk memasukkan karet.


Agar lebih rapi pinggiran kain bisa kita obraskan ke tukang jahit. Dan untuk lebih mempermanis celana bisa kita beri hiasan renda.


  

Minggu, 09 September 2012

Jumpel Pegangan Panci Panas

Jumpel ini bunda buat dari kain Perca (minta tetangga yang penjahit) dan celana Jean lama. Didalamnya terdiri dari 4 lapisan kain perca dan yang paling tengah bunda kasih busa pelapis.
 

Selasa, 04 September 2012

Bingung Milih

Dompet Flanel Owl 2

 
Bunda bisa gunakan dompet lucu ini untuk menyimpan uang saku sekolah anak.

@ Rp. 15.000,-
sms only at 08882676010

Minggu, 02 September 2012

Owl Purse ( Dompet Flanel Owl )


Alat dan Bahan :
a.  Kain Flanel
b.  Jarum
c.  Benang
d.  Gunting
e.  Busa Pelapis (Optional)
f.  Resleting

Cara bikinnya :









1.  Gunting Pola (download disini) Jiplak pola pada kain flanel, gunting semua bagiannya. Jiplak pola badan pada busa pelapis agar kelihatan lebih tebal, tapi kalau tidak punya busa pelapis juga tidak apa - apa.











2.  Lubangi salah satu badan untuk lubang resleting seperti gambar dengan lebar 1/2" panjang sesuai selera.














3.  Jahit resleting pada lubang badan bagian belakang.
 
4.  Jahit sayap, mata dan hidung pada badan bagian depan.

5.  Gabungkan badan bagian depan dengan belakang, lalu jahit. 

Jadi deh dompet owl nya, SELAMAT MENCOBA

      

Rabu, 29 Agustus 2012

Dompet flanel


Kemarin waktu lebaran anakku alhamdulillah dapat uang angpao lumayan banyak, karena tidak punya tempat untuk uangnya, lalu anakku minta padaku untuk dibuatkan dompet. Berikut tutorialnya :
Bahan : 
1. Kain flanel
2. Benang jahit
3. Jarum
4. Gunting
5. Lem
6. Velcro untuk perekat
Aplikasi untuk hiasan (optional)

 
Caranya Bikin :

  
1. Gunting flanel warna kuning ukuran 8cmx5,5cm (untuk tempat uang receh) dan warna hijau 18cmx7,5cm (untuk tempat uang kertas bagian dalam). pasang flanel kuning seperti gambar lalu jahit sisi kiri flanel kuning jangan lupa jahit terlebih dahulu velcro di atasnya.

2. Gunting sesuai gambar, flanel warna hijau ukuran 18cmx9cm dengan lidah sebagai penutup dompet ukuran 5cmx3cm, jahit velcro pada ujung lidah.

3. Balik flanel pada langkah 2 lalu pasang aplikasi strawberi untuk menutupi jahitan pada lidah, jahit juga velcro pada sisi kanan seperti gambar.

4. gunting flanel warna kuning ukuran 8cmx3,5cm pasang velcro lalu jahit tepat diatas flanel kuning pada langkah 1 sebagai penutup untuk tempat uang recehnya.

5. Gabungkan flanel pada langkah 4 pada bagian dalam flanel langkah 3, lalu jahit keliling bagian bawah dompet.

6. Jadi deh dompetnya, sebenernya bikinnya gampang sekali tidak serumit kata-kata yang aku sampaikan disini.

 
         

 

Kalung bola rajut


Cara bikinnya :
1.  Buat bola rajut












2.  Gabungkan bola rajut menggunakan benang dengan bantuan jarum tarik benang kira-kira 2x lingkar leher, lalu benang kita buat rajutan rantai di kanan dan kiri bola. buat dengan 2 benang yang berbeda warna. 

3.  setelah jadi kita gabungkan tali rantai benang dengan diikat simpul biasa, yang kenceng ya biar tidak mudah lepas.

Senin, 06 Agustus 2012

Celemek Bayi

Kemarin ada temenku yang punya bayi Aku bingung mau ngasih hadiah apa, lalu kepikiran bikin Celemek bayi sendiri dan aku kasih nama bayinya diatas celemek. Berikut aku kasih cara bikinnya dan silahkan download pola celemek disini.
Bahan yang dibutuhkan :
  • Kain flanel bergambar atau kain biasa yg agak tebal
  • Felcro untuk perekat diatas leher
  • Kain katun biasa untuk pelapis
Langkah pembuatan:
  1. Pertama gunting pola kertas lalu jiplak pada kain, aku pakainya kain flanel bergambar yang biasa digunakan untuk bedong bayi.
  2. Sebelum dijahit keliling beri hiasan nama atau gambar di atas kain flanel.
  3. Gabungkan kain flanel dengan kain katun pelapisnya 
  4. Jahit sekeliling kain pada bagian buruknya sisakan lubang sedikit untuk membalik kain.
  5. Agar saat dibalik pada bagian lengkungnya terlihat rapi caranya gunting-gunting pojok kain sisakan sekitar 1mm dari jahitan.
  6. Tutup lubang kain jahit menggunakan jahitan tangan.
  7. Pasang felcro diatas leher untuk perekatnya. 


Selasa, 31 Juli 2012

Amplop Angpao Lebaran

Lebaran akan tiba yang dinanti - nanti oleh anak - anak pasti angpao. Agar Amplop Angpao dari aku berbeda kali ini aku buatin Angpao dari kain flanel. Berikut cara bikinnya.
Bahan - bahan  :  Lem serbaguna, Gunting, Kain flanel, benang, jarum, perekat (tdk ada di foto). 

Cara bikin :
1.  Cari gambar dari internet, kebetulan keponakan ku cowok-cowok jadi aku bikin gambar mobil dan pesawat.

2.  Gunting gambar yang sudah di buat, lalu jiplak pada kain flanel.


3.  Gunting kain flanel polos ukuran 6" x 3" sebagai amplopnya.

4.  Lem flanel bentuk mobil pada flanel polos yang sudah digunting. Tempel 1" dibawah tepi paling atas untuk penutupnya.

5.  Tekuk flanel sedemikian rupa hingga berbentuk amplop ukuran 2,5" x 3,5". Agar lebih manis gunting melengkung pada pojok-pojok amplop.

6.  Jahit pinggir amplop dengan tusuk feston. yang gak tau tusuk feston lain kali aku ajarin atau cari aja di mbah google.

7.  Jahit perekat pada tutup amplop, lalu baliknya kita beri hiasan agar tidak terlihat jahitannya.


8.  Sudah jadi deh amplop angpao kita, SELAMAT MENCOBA.